database J2ME

Posted in By anyeh saya 0 comments

Perangkat bergerak, sama halnya dengan PC, memiliki media untuk menyimpan program dan datanya. Media yang dimaksud adalah memori, baik yang bersifat volatile maupun non-volatile. Sehubungan dengan kebutuhan untuk menyimpan dan mengelola data di perangkat bergerak, platform J2ME menyediakan Record Management System (RMS). Kemampuan RMS di platform J2ME serupa dengan kemampuan JDBC di platform J2SE atau J2EE, tentunya dengan keterbatasan dalam lingkungan yang memiliki sumber daya rendah. Dengan adanya RMS, data aplikasi tidak perlu selalu disimpan di database server melalui koneksi Internet

Informasi yang disimpan di record store tergantung pada aplikasi yang dibuat. Ketika berkerja dengan RecordStore, pembuat aplikasi perlu memperhatikan limitasi RMS.
* RMS menyimpan record dalam format byte array (byte[]).
* RMS memberikan id yang unik untuk setiap record. Pada saat data disimpan di dalam obyek RecordStore, setiap record mendapatkan id yang unik. Id yang diberikan dimulai 1 (satu) dan id tersebut tidak dapat digunakan kembali. Hal ini berarti setelah record dihapus dari obyek RecordStore, id yang telah diisi untuk record tersebut tidak lagi valid untuk digunakan.

untuk melakukan filter dan pengurutan atas record yang diinginkan, maka pembuat program dapat menerapkan antarmuka RecordFilter dan RecordComparator, yang masing-masing menyediakan fungsi matches dan compare yang perlu didefinisikan oleh pembuat program sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang hendak dibuat. Sedangkan antarmuka RecordListener digunakan jika pembuat program ingin menambahkan fungsionalitas setiap kali record ditambah, diupdate, atau dihapus.

kutipan :
http://budidar.wordpress.com/2009/02/20/database-di-j2me/