logika dan penalaran

Posted in By anyeh saya 0 comments

LOGIKA
Logika identik dengan masuk akal dan penalaran. Penalaran adalah salah satu bentuk pemikiran. Pemikiran adalah pengetahuan tak langsung yang didasarkan pada pernyataan langsung.pemikiran mungkin benar dan mungkin juga tak benar.

Definisi Logika
Definisi logika sangat sederhana yaitu ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku

Faedah Logika
Pelajaran logika menimbulkan kesadaran untuk menggunakan prinsip-prinsip untuk berfikir secara sistematis.
Faedah tersebut antara lain :
• Logika menyatakan, menjelaskan dan emmpergunakan prinsip-prinsip abstrtak yang dapat digunakan dalam semua lapangan ilmu pengetahuan
• Menambah daya berfikir abstrak yang menimbulkan sikap intelektual
• Mencegah agar tidak tersesat darisegala sexsuatu yang kita peroleh berdasarkan authority.

PENALARAN
Yaitu proses berfikir yang bertolak dari pengamatan indera atau observasi empirik yang menghasilkan sejumlah pengertian dan proposisi sekaligus. Penalaran erat kaitannya dengan penyimpulan, argumen dan bukti. Penyimpulamn dalam arti yang sebenarnya tidak mencakup aktivitas menemukan proposisi-proposisi disusun dalam premis., akan tetapi hanya memakai hubungan proposisi-proposisi dalam premis dan menentukan konklusinya.
Jika penalaran itu aktivitas pikiran yang abstrak, maka argumen lambangnya berbentuk bahasa atau bentuk-bentuk lambing lainnya. Jadi jika kata lambangny apengertian, kalimat lambangnya proposisi, maka argumen lambangnya penalaran. Akhirnya yang disebu bukti itu adalah argumen yang berhasil menentukan kebenaran konklusi premis.

sumber : http://www.si.its.ac.id/kurikulum/materi/iptek/logika.html